Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

BasisdataMicrosoftTutorialVB

Cara Mengkoneksikan antara Microsoft Visual Studio 6.0 dengan ODBC

Hallo, Kali ini saya akan menshare artikel tentang Cara Mengkoneksikan antara Microsoft Visual Studio 6.0 dengan ODBC......

Sebenarnya ane pertamakali scearhing tapi kebanyakan ga ngerti :v tapi ane terus ngotak - ngatik dah hasilnya memuaskan (bisa di koneksikan)
Bagi anda yang belum memilikinya aplikasinya anda bisa terlebih dahulu mendownloadnya pada link di bawah ini clik link yang bertulisan Visual Studio dan ODBC

Visual Studio dan ODBC

Setelah anda download, install Microsoft Visual Studio 6.0 terlebih dahulu lalu setelah itu ODBCnya hingga selesai dan siap untuk digunkan.
#ODBC setelah di instal tidak memiliki shortcut karna ini seperti sama halnya dengan Adobe Flash Player tetapi berbeda fungsinya.

langsung saja kita mulai Cara Mengkoneksikan antara Microsoft Visual Studio 6.0 dengan ODBC CEKIDOT :

1#Buka dulu Microsoft Visual Studio 6.0 –> pilih Standard EXE –> Open. Muncul tampilan awal  Microsoft Visual Studio 6.0 

Seperti gambar Di Bawah:


2#Lalu anda buat dlu mau membuat apa di Microsoft Visual Studio 6.0 ini. klo ane mau ngebuat data siswa SMK ANGKASA 1 MARGAHAYU.

Seperti gambar Di Bwah Yang telah saya RUN(di jalankan):


3#Setelah itu pastinya anda harus membuat database memakai MySql xampp. Apabila Anda tidak paham Cara Membuat Database menggunakan Mysql xampp baca artikel saya sebelumnya di artikel saya yang sebelumnya. 
klik Cara Membuat Data Base.

Database yang saya buat
Seperti Gambar Di Bawah ini :



4#Kita Kembali ke Microsoft Visual Studio 6.0 sekarang tinggal ADD Components tinggal clik kanan pilih Components ATAU yang Lebih SIMPLEnya dengan tekan CTRL + T –> lalu pilih Component
–Microsoft ADO data Control 6.0(OLEDB) dan
–Microsoft DataGrid Control 6.0 (OLEDB).. 
 Lalu Clik satuper satu component di general tersebut untuk di letakan sesuai yang kita inginkan.
clik ADODC (fungsinya untuk mengkoneksikan)
Seperti gambar :


Lalu DataGrid (fungsinya untuk Menampilkan Data)
Seperti gambar


Jadi kita Letakan sepantasnya Saya / Sesuai keinginan pribadi.
Seperti Gambar Di Bawah :


5#Setelah sudah siap semuanya dari steps"/langkah" di atas. Sekarang clik Adodcnya di form anda–>
–>klik kanan pilih ADODC properties–>Di general klik New...–>pilih yang kedua yaitu User Data Source(Applies to this machine only)–>pilih yang paling bawah ketiga yaitu MySQL ODBC 5.3 ANSI Driver–>Finish
Tar ada Form MySql Connector/ODBC langsung saja Isikan datanya  

Seperti gambar dibawah :


#Description dan password kosongkan saja
#isikan data Source Namenya sesuai yang anda inginkan(harus di ingat" jgn lupa)
#TCP/IP Server isikan karus localhost portnya 3306
#User harus root
#Databse pilih nama database yang anda tadi teleh buat klo saya sih tadi buat data sekolah
 lalu clik Test tar keluar Test Result yang besirikan Connection Succesful(berarti berasil dan bisa di gunakan)
Seperti Gambar Di Bawah :



Klik OK Lalu Muncul lagi ke Propety Pages–>General pilih Use ODBC Data Source Name klik lalu pilih sesuai yang tadi di isikan di Data SOurce Name klo saya sih memberi dengan nama"fuad"(nama saya sendiri)
Seperti Gambar Dibawah :


Lalu Ke RecordSource pilih Command Type dengan clik combonya pilih 2 - adCmd Table–>Untuk Table or Stored Predure Name pilih nama tabel yang tadi anda buat.
klo ane buat dengan nama tabel dt_siswa–>klik Apply–>klik OK
6# Sekarang kita klik DataGrid di form anda lalu cari di properties - DataGrid1 cari DataSource
pilih Adodc1
Seperti Gambar Dibawah :



Lalu coba Jalankan dengan klik RUN atau dengan tekan f6
Al - Hasilnya jadi seperti Gambar ini :


Demikian postingan Cara Mengkoneksikan antara Microsoft Visual Studio 6.0 dengan  ODBC.
Semoga bisa membantu anda semuanya, terimakasih.

No comments:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib